Sulit Menggambar Anime, Lakukan Ini Agar Gambar Kalian Bagus

Anime sebagai salah satu gaya gambar yang sebagai tren semenjak usang. Akan namun ada cara menggambar anime yg mesti engkau ketahui loh. Lantaran menggambar anime menggunakan menggambar jenis gambaran itu tidak sama. Penasaran? Ayo baca penjelasannya di sini!

Suka baca komik online? Atau kamu senang menonton film anime? Bentuk gambarnya yg khas memang sedap dilihat mata. Apalagi saat gambar tadi disambung menjadi sebuah cerita menggunakan alur yang kreatif. Tidak menutup kemungkinan, hal Ini sanggup menciptakan kamu jatuh hati dengan gaya gambar misalnya di anime atau manga.

Seandainya kamu tertarik buat belajar menggambar ala anime, kamu wajib tahu dulu nih bagaimana cara menggambar anime yang baik & benar. Tapi sebelum itu, ada baiknya engkau mempelajari soal sejarah perkembangan anime di Indonesia yang telah pernah kami bahas sebelumnya. Gunanya agar engkau lebih paham soal anime yang selama ini engkau tonton. Nah, bila sudah, pribadi saja kita masuk ke pembahasan primer. Let’s go!

Bagaimana Cara Menggambar Anime?

Karena ini merupakan cara menggambar anime buat pemula, kami sarankan buat penekanan menggambar setengah badan terlebih dahulu, yaitu badan bagian atas. Tujuannya buat melatih tangan kamu supaya terbiasa menciptakan gambar anime atau manga, sekaligus lebih memahami bagaimana lebih jelasnya gambarnya. Yuk langsung saja kita masuk ke step pertama.

Step 1 – Latihan menciptakan garis

 

Seperti yg sudah pernah kami bahas sebelumnya di artikel dasar desain grafis, garis sebagai salah satu elemen yang paling krusial. Ini pula wajib diterapkan waktu engkau menggambar loh, baik buat menggambar karakter juga landscape pemandangan.

Untuk membuat garis lurus tanpa menghapus tidaklah mudah. Diperlukan latihan berkali-kali sampai pada akhirnya tangan engkau terbiasa buat menciptakan garis lurus. Namun, ini akan beda lagi masalahnya bila engkau ingin membuat garis melengkung, lantaran terdapat teknik dasarnya lagi.

Apabila kita lihat berdasarkan gambar-gambar anime lainnya, biasanya mereka menggunakan garis yg khas. Makanya engkau perlu latihan untuk mampu menciptakan garis seperti itu. Siapkan kertas kosong dan buatlah garis di sana. Usahakan jangan memakai penghapus. Terus lakukan aktivitas ini sampai tangan kamu terbiasa membuat garis.

Step dua – Latihan membuat bentuk dasar

 

Persegi, segitiga, & bulat. Merupakan bentuk dasar geometris yang kerap digunakan sebagai sketsa awal menggambar. Kalau dihubungkan dengan gambar anime, ini bakalan bermanfaat buat engkau ketika proses awal desain karakter.

Ketahuilah bahwa ketiga bentuk dasar ini mampu memilih sifat karakter nantinya. Misalkan kamu ingin menciptakan karakter yang mempunyai sifat periang & penuh semangat. Kamu mampu memakai bundar sebagai dasar sketsa tubuhnya. Kalau masih bingung, engkau mampu membaca lebih lanjut pada dalam artikel cara membuat desain karakter yang pernah kami muat sebelumnya.

Step 3 – Membuat sketsa ketua dengan donasi grid

 

Cara menciptakan anime yg berikutnya adalah mulai menciptakan sketsa kepala. Pertama-tama buatlah lingkaran, lalu untuk garis bantu misalnya tanda ‘tambah’ atau kamu juga bisa menggambar dengan donasi grid. Tujuannya supaya gambarmu lebih rapi dan proporsional.

Jika telah membuat grid, mulailah menggambar ketua, rahang, dagu, & seluruh bagian hingga akhirnya menciptakan sketsa wajah. Ini lah yg nantinya akan sebagai loka engkau menggambar mata, hidung, lisan, telinga, & lain sebagainya. Buatlah sketsa menggunakan garis tipis-tipis, supaya pensil nir membekas di kertas. Jikalau tetap ingin membuat outline yg tebal, kamu bisa melakukannya waktu sudah masuk proses finishing gambar.

Step 4 – Menggambar mata, alis, hidung, & mulut

 

Sekarang saatnya mulai menggambar mata, alis hidung, dan mulu. Eits, tapi ini gak sembarangan loh. Terdapat cara-cara khusus buat menggambarnya. Kami ambil model yg paling sederhana, yaitu menggambar mata. Cara menggambar mata anime dengan cara menggambar mata realis tentu berbeda. Ada bentuk & ukiran masing-masing yang membuatnya tampak spesial . Maka berdasarkan itu engkau mesti paham ciri khas gambar anime.

Balik lagi ke step menggambar mata, alis, hidung, dan lisan, mulai lah menggambar dengan mengikuti grid yang sudah dibentuk sebelumnya. Pastikan posisinya proporsional agar gambar pun sedap dilihat mata. Tidak perlu menciptakan pola yang rumit, karena kamu wajib ingat bagaimana prinsip gambar anime yang berbeda menggunakan gambar realis.

Step lima – Menggambar rambut

Wah ini dia step yang paling seru, yaitu menggambar rambut! Kamu harus memahami terlebih dahulu bagaimana rambut karakter yg akan engkau untuk. Apakah panjang atau pendek? Lurus atau ikal? Dan seluruh lebih jelasnya lainnya. Oh iya, cara menggambar karakter pria dan wanita jua tidak sinkron. Ini pula perlu engkau pahami, bahkan buat sesimpel pembuatan sketsa rambut. Karena setiap bentuk rambut yg kamu pilih akan berpengaruh pada hasil gambar nantinya.

Selain itu, engkau perlu menyesuaikan bentuk rambut dengan sifat karakter yang kamu bangun. Tujuannya buat memperkuat konsep karakternya. Buatlah garis tipis-tipis supaya rambut mempunyai dampak bergelombang & nir kaku. Selain itu, kamu tidak perlu terlalu memperhatikan detail rambut hingga mengambarnya helai per helai.

Step 6 – Menggambar leher & bahu

Pertama-tama, tari garis menurut ujung rahang kanan & kiri buat membentuk leher. Usahakan ukurannya sudah pas, tidak terlalu panjang & tidak terlalu pendek. Untuk leher laki-laki dibentuk lebih lebar & lebih pendek daripada leher wanita.

Kemudian buatlah bentuk trapesium terbalik menjadi kerangka dasar membuat bagian bahu sampai bagian dada. Tentukan lebar bahu karakter yang engkau buat. Umumnya, karakter laki-laki mempunyai bahu yang lebih lebar daripada perempuan . Nah, sekarang buat tangannya, tapi tidak perlu full body. Karena hasil akhir dari cara membuat anime yg kami bahas ketika ini hanya buat bagian setengah badan ke atas.

Step 7 – Beri sandang

Kamu aja memakai pakaian, masa gambarmu nir. Buatlah sandang yg unik, bahkan out of the box, karena salah satu karakteristik khas anime adalah pakaian mereka yg selalu memiliki karakteristik khas dalam setiap karakternya. Misalnya ada karakter A yg seringkali memakai jaket rona oranye & karakter B yang acapkali memakai ikat kepala.

Atau engkau juga sanggup menyesuaikan pakaian dengan alur cerita yg kamu buat. Misalnya cerita buatanmu mengisahkan mengenai peperangan pada 20 tahun mendatang. Berarti buatlah desain kostum ala futuristik. Tak lupa tambahkan perlengkapan terbaru yg luar biasa.

Step 8 – Memberi outline gambar

Ini dia step yang terakhir berdasarkan cara membuat anime, yaitu memberi outline gambar. Outline umumnya digunakan buat mempertegas gambar sekaligus memberi impak tebal-tipis objek. Misalnya ada gambar batu bata, gunakanlah outline yang tebal buat menjelaskan bahwa objek itu bertenaga dan tebal. Sedangkan buat gambar kapas, gunakanlah outline yg tipis untuk mengungkapkan bahwa objek itu ringan.

Untuk menciptakan outline, gunakanlah pensil menggunakan ujung yg lembut agar bisa menghasilkan ukiran yang tebal. Tips berdasarkan kami, gunakanlah pensil 2B ke atas. Alhasil, outline buatanmu akan terlihat lebih kentara. Gunakan variasi pensil, karna ketebalan buat bagian rahang dengan hidung tentu berbeda juga.

Itu dia cara menggambar anime untuk pemula yg mampu kamu praktikkan pada rumah. Tinggal pilih media gambar yang ingin kamu pakai. Ada media manual & digital. Apabila kamu ingin menggambar digital, terdapat baiknya engkau menilik seputar tips dan trik digital painting yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Selamat berkarya!

 

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *