Cabe Mahal, Yuk Tanam Cabe Di Rumah

cabe digolongkan menjadi sayuran yang berfungsi menjadi penguat rasa pada kuliner. Di pasaran, harga cabe tak jarang naik dan turun di ketika tak terduga. Kalau harganya telah melambung tinggi, pastinya kita wajib berpikir dua kali buat memasukannya pada keranjang belanja, ya.

Untuk mengatasinya, bagaimana jikalau coba menanam cabe di rumah? Selain menghemat uang belanja sayuran, kualitas cabai hasil panen sendiri tentunya terjamin kualitas & kesegarannya.

Anti ribet, berikut rangkuman cara menanam cabai pada tempat tinggal sendiri dengan mudah!

1.Pisahkan biji cabe

Langkah pertama menanam cabe yg pertama merupakan memisahkan biji cabai menurut buahnya. Kamu mampu menentukan biji menurut bagai jenis cabai yg ingin ditanam. Untuk menerima bijinya, belah bagian dalam cabai. Kemudian, ambil bijinya dan keringkan di bawah sinar mentari .

Dua. Siapkan polybag buat menyemai biji cabe

Bukan pribadi disemai pada atas tanah luas atau pot, biji cabai pertama kali disemai di dalam polybag. Kalau belum tahu, polybag adalah kantong plastik dengan lubang-lubang kecil yang biasa dipakai untuk menyemai bibit flora.

Sebelum menyemainya, siapkan tanah dan pupuk dengan perbandingan 3:1 dan masukkan pada polybag. Diamkan selama satu minggu, ditempat yg terlindung sinar mentari & air. Setelah itu, siapkan biji cabe dengan merendamnya selama tiga jam pada air hangat. Jika sudah, masukkan biji ke pada polybag sedalam 1 centimeter. Jika benih telah berkecambah, letakan polybag di bawah sinar mentari .

Tiga. Siapkan lahan buat memindahkan bibit cabe


apabila bibit cabai buat berkecambah, maka saatnya buat memindahkannya ke huma tanah ataupun pot yang lebih akbar. Caranya, tanggal plastik polybag menurut akar flora. Lakukan secara hati-hati agar akar tumbuhan nir rusak. Kemudian, tambahkan ke pada pot juga huma yg telah dicangkul kemudian gemburkan. Lakukan pemindahan ini pada pagi juga sore hari buat menghindari sinar mentari terik yg mampu membuat stres tanaman , ya.

4. Cara merawat tumbuhan cabe

Lalu, bagaimana cara merawatnya tanaman cabainya, ya?

Untuk merawatnya, beri tumbuhan cabemu pupuk organik juga anorganik sebayak satu bulan sekali. Untuk output maksimal , kamu jua sanggup memberikannya kompos waktu tanaman mulai berbuah cabae. Siram pula flora setiap hari menggunakan air yang relatif, ya!

Lima. Saatnya memanen tanaman cabe!

Jika tanamanmu sudah mengakibatkan cabe menggunakan ukuran paripurna, maka cabai siap dipanen!

Disarankan buat memanen cabai saat rona aslinya—baik merah, hijau, atau rona lainnya— belum terlalu pekat. Hal itu menciptakan cabe mampu bertahan selama 2-tiga hari sebelum dikonsumsi. Kemudian, ketika panen yg terbaik merupakan ketika pagi hari sesudah embun mengering.

Semoga cara menanam cabe rawit pada rumah ini bisa kalian praktekkan menggunakan gampang, ya. Selamat menanam cabe pada rumah.

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *