Ini Cara Mengatasi agar browser anda lancar

Google Chrome dikenal menjadi browser yg rakus akan memory. Tidak mengherankan jika komputer berspesifikasi rendah kerap mengalami lag (patah-patah) waktu menjalankannya.

Namun dalam poly perkara, Chrome justru jua terasa lag pada komputer berspesifikasi tinggi.

Sampai di sini sanggup disimpulkan bahwa perkara lag nir sebatas dalam kondisi personal komputer & sistem operasi saja, tetapi memang lantaran terdapat sesuatu yang salah dalam Google Chrome.

Berikut ini sedikitnya terdapat lima cara mengatasi Google Chrome yg lag ketika sedang dibuka.

#1 Matikan percepatan hardware secara ajaib dapat menghilangkan lag

Seorang editor berdasarkan CNET, Rick Broida menemukan bahwa menggunakan mematikan percepatan hardware, Chrome menjadi lebih cepat dan nir mengalami lag.

1. Klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas kemudian pilih Setelan (Settings). Kamu jua mampu mengaksesnya lewat alamat chrome://settings


2. Di bagian paling bawah, klik Lanjutan (Advanced).

3. Pada kolom Sistem, matikan akselerasi hardware lalu Luncurkan Ulang Google Chrome.

Sebagai informasi, percepatan hardware mengandalkan GPU untuk me-render page web ketimbang menggunakan aplikasi. Dengan mematikannya, maka beban yang ditanggung hardware menjadi lebih sedikit.

#2 Hapus ekstensi yang nir terpakai buat meluangkan memory

Ekstensi Chrome secara aktif mengonsumsi kapasitas memory (RAM) selama browser dijalankan. Akan lebih bijak jika kamu menghapus atau mematikan ekstensi yg memang sedang nir kamu gunakan.

1. Klik ikon tiga titik vertikal pada kanan atas, pulang ke Fitur lainnya (More tools) kemudian pilih Ekstensi (Extension). Kamu pula bisa menggunakan jalan pintas chrome://extensions/

2. Pada ekstensi yg ingin dihapus, klik Hapus (Remove).

Tiga. Sekali lagi klik Hapus (Remove) buat mengonfirmasi.

Jika kamu masih ingin memakai perluasan tersebut pada lain saat, kamu bisa menentukan buat menonaktifkannya saja menggunakan menggeser slider berwarna biru ke kiri.

#tiga Tutup program latar supaya personal komputer jadi lebih ringan

Program latar yang berjalan tak jarang merogoh jatah CPU Usage dan memory yg tinggi. Sementara Chrome sendiri terhitung sebagai browser yang boros RAM. Dengan begitu, terdapat baiknya buat memberi ruang lebih bagi hardware agar Chrome dapat berjalan lebih lancar.

1. Klik kanan dalam Taskbar kemudian pilih Task Manager. Kamu jua sanggup mengaksesnya via shortcut CTRL+SHIFT+ESC.

dua. Pergi ke tab Processes, pilih program yang mengambil jatah memory relatif tinggi kemudian klik End Task.

Agar mempermudah mencari acara yg berat, klik Memory buat mengurutkan program latar menurut taraf konsumsi memory.

#4 Bersihkan berdasarkan malware jahat yg membebani Chrome

Malware secara membisu-membisu sanggup terpasang dalam browser, entah itu berbentuk toolbar juga perluasan. Untungnya, Chrome telah disertai fitur pembersih malware bawaan yg mampu engkau pakai buat membasmi acara berbahaya.

1. Klik ikon 3 titik vertikal pada pojok kanan atas lalu pilih Setelan (Settings). Kamu pula bisa mengaksesnya lewat alamat chrome://settings


2. Scroll ke bawah kemudian klik Lanjutan (Advanced).

tiga. Selanjutnya klik Bersihkan komputer (Clean up computer).

 

4. Klik Temukan (Find) buat memulai proses scanning malware.

lima. Tunggu hingga terselesaikan, jika terdeteksi, engkau sanggup eksklusif menghapusnya.

Fitur pembersih malware tidak sekedar mencari malware yang membahayakan Google Chrome, tetapi pula personal komputer secara keseluruhan.

#lima Reset Google Chrome bila engkau masih mencicipi lag sesudah mencoba tips pada atas

Opsi paling terakhir adalah dengan melakukan reset dalam Google Chrome sehingga pengaturannya pulang ke default. Metode ini akan menghapus cookie, data situs, setelan konten, dan tema.

Komponen seperti bookmark, history, sandi tersimpan, perluasan dan cache nir akan dihapus meski Google Chrome direset.

1. Klik ikon 3 titik vertikal pada pojok kanan atas lalu pilih Setelan (Settings). Kamu pula mampu mengaksesnya lewat alamat chrome://settings

dua. Scroll ke bawah kemudian klik Lanjutan (Advanced).

 

3. Pada kolom Setel ulang dan bersihkan, klik Memulihkan setelan ke default aslinya (Restore settings to their original defaults).

4. Selanjutnya klik Setel ulang setelan (Reset settings) buat mengembalikan pengaturan Chrome ke default.


Oh ya, pengaturan mesin telusur, tab baru, dan tab yg diberi PIN akan dikembalikan seperti semula. Kamu jua bisa menghapus cache apabila ingin Chrome lebih cepat ketika sedang memulai.

Pastikan pula selalu update Google Chrome lantaran developer seringkali memperbaiki perkara lag lewat update yg dirilis secara teratur.

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *